Mobile Legends disebut Game Berbahaya! “Benarkah?”

Mobile Legends disebut Game Berbahaya! “Benarkah?”

Sudah menjadi kontroversi sejak munculnya video game yang video game sering menjadi masalah bagi perkembangan anak. Ini memiliki efek psikologis, tetapi apakah game jahat itu benar?

Beberapa waktu lalu, netizen terutama dihebohkan oleh pemain Indonesia dengan hadirnya gambar foto dari sebuah surat kabar di Indonesia. Ini berisi daftar game berbahaya di Indonesia! Wow, hebat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Diamond Gratis Di Mobile Legend

Sebelum menganalisis lebih lanjut tentang game berbahaya ini, mari kita lihat gambar yang menjadi kontroversi:

Seperti dilansir Duniaku.net dari situs GGWP.id, yang sebelumnya menerima berita lengkap dari salah satu surat kabar di gambar. Namun, menarik untuk membahas isi berita dalam gambar game berbahaya ini.

Mengingat, tentu saja, mata para pemain Indonesia berada di sisi kanan berita. Ya, Mobile Legends Barada adalah yang pertama dari 16 game berbahaya! Alasannya? Karena itu melibatkan unsur kekerasan dan tidak mendidik!

Tidak dapat dipungkiri bahwa Mobile Legends (serta judul-judul lain dalam daftar) memiliki unsur kekerasan dalam berbagai tingkatan. Tapi apakah permainan itu berbahaya dan sangat mengganggu?

Penulis menganggap bahwa berita itu sangat menipu (berita tidak lengkap). Sistem peninjauan game Mobile Legends memberikan indikasi usia 12 tahun atau lebih. Jadi, jika anak di bawah umur masih bermain, itu bukan hanya kesalahan Mobile Legends!

Bahkan, Mobile Legends telah menjadi salah satu judul terkemuka dalam game untuk mempromosikan adegan esports di Indonesia melalui turnamen seperti MSC dan MPL, yang menarik pemain penting seperti Lemon dan JessNoLimit.

Game seperti The Sims hanya bisa menjadi “permainan berbahaya” ketika pemain memainkan lusinan atau bahkan ratusan jam sampai mereka melupakan kehidupan nyata mereka. Di sisi lain, Mobile Legends bahkan bisa menjadi game judul yang mengajarkan komunikasi dan kerja tim!

Nah, untuk meminimalisasi efek bermain yang tidak diinginkan untuk anak-anak, orang tua tentu saja harus bisa mengawasi anak-anak mereka bermain game. Perhatikan sistem rating permainan yang disediakan untuk mengevaluasi nilai permainan anak pada usia tertentu dengan lebih baik!

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) juga belum menanggapi laporan itu. Namun ketika pesan-pesan ini ditulis, Mobile Legend masih tampak bermain tanpa masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *