Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Wanita hamil seharusnya mendengar desas-desus bahwa ketika mereka minum air kelapa, kulit mereka menjadi putih atau rambut mereka menjadi tebal dan hitam. Itu hanya mitos, tetapi manfaat air kelapa bagi perempuan dapat dibuktikan.

Saat ini, banyak wadah minuman yang melengkapi manfaat air kelapa. Bahkan, banyak yang mengaku sebagai minuman hidrasi super. Jika Anda sedang hamil dan ingin mengonsumsi air kelapa, Anda tentu harus meminum air kelapa bukan air kelapa.

BACA JUGA: Pilah Pilih Baby Cream Untuk Mengatasi Kulit Kering

Mari kita periksa hubungan antara air kelapa dan ibu hamil di bawah ini.

Mengapa ini bermanfaat untuk wanita hamil?

Selama kehamilan, ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa karena memiliki sejumlah manfaat bagi ibu dan janin. Keuntungan-keuntungan ini termasuk:

  • Sumber elektrolit dan antioksidan

Air kelapa mengandung elektrolit, dan minum air kelapa dapat menggantikan penyerapan elektrolit yang terbuang selama muntah pada ibu hamil yang menderita morning sickness. Air kelapa juga mengandung antioksidan yang menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Untuk hasil terbaik, pilih air kelapa segar bukan air kelapa.

  • Membantu mengurangi kelelahan

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat bagus untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami dalam tubuh dapat digantikan oleh air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, kalium dan klorida.

  • Mencegah infeksi saluran kemih

Keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kemih karena perubahan hormonal dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih. Air kelapa adalah diuretik alami yang memfasilitasi urin dan mencegah infeksi saluran kemih. Beberapa wanita membantu mencegah infeksi saluran kemih dengan makan air kelapa.

  • Sirkulasi darah yang lancar

Air kelapa untuk ibu hamil juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh sistem sirkulasi yang tidak optimal. Jika sistem peredaran darah tidak optimal, ada risiko bahwa janin tidak menerima cukup oksigen. Kalium dan magnesium, yang terkandung dalam air kelapa, memainkan peran penting dalam memompa darah tubuh dari jantung. Kalium juga membantu pergerakan otot, suplai sinyal saraf dan membantu ginjal bekerja pada penyaringan darah.

Ingat, jika Anda mengonsumsi air kelapa

Air kelapa untuk ibu hamil memiliki sejumlah keunggulan, tetapi ingatlah hal-hal berikut jika Anda ingin makan:

  • Jangan melebih-lebihkan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, tentu saja. Meski enak dan mengandung banyak manfaat, jangan biarkan air kelapa menggantikan air. Namun, air adalah minuman utama.
  • Pastikan air kelapa berasal dari kelapa. Jika bisa, pastikan untuk memotong kelapa di depan Anda.
  • Cobalah untuk mengkonsumsi air kelapa segera setelah Anda memotongnya untuk menyegarkan dan menjaga nutrisi tetap utuh.
  • Wanita hamil tidak perlu mengonsumsi air kelapa jika mereka tidak menyukai rasanya atau bahkan membuatnya merasa tidak nyaman.

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil sangat banyak, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak bukti dan penelitian. Jika ibu ingin minum air kelapa selama kehamilan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *