Sendawa Bagi Bayi Sangat Penting

Sendawa Bagi Bayi Sangat Penting

Pada dasarnya, bersendawa bayi itu normal dan jangan khawatir. Bahkan bersendawa baik bagi bayi untuk mengeluarkan kelebihan gas dari perutnya.

Ketika kita bernafas, udara yang kita hirup mengandung gas seperti nitrogen dan oksigen. Bahkan ketika Anda makan atau minum, mulut Anda tidak hanya berisi makanan dan air tetapi juga gas. Kelebihan gas di lambung kemudian naik ke esophagus dan keluar dari mulut seperti sendawa.

Burping penting bagi bayi

Bersendawa dapat menjadi kondisi yang sederhana untuk orang dewasa, tetapi bersendawa penting untuk bayi. Saat bayi minum, gelembung-gelembung di minuman Anda menyerang perut dan menumpuk. Saat bayi bersendawa, itu mencegah perut merasa kembung. Selain itu, sendawa juga bisa meredakan bayi yang mengalami kolik dan kelebihan asam lambung.

BACA JUGA : Mengatasi ISK Pada Kehamilan

Bayi yang minum susu dari botol perlu bersendawa lebih sering daripada menyusui secara langsung. Ini karena ada lebih banyak gelembung dalam botol susu dibandingkan saat menyusui.

Ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko ini:

  • Anda bisa memilih botol susu berlabel anticolik, yang dikembangkan untuk mengurangi kandungan udara dalam susu dan botol.
  • Pastikan bahwa titik pada botol dengan ukuran yang benar sesuai dengan mulut bayi.
  • Saat minum dan makan, letakkan bayi untuk mengurangi jumlah udara yang tertelan.

Anda bisa bersendawa setiap kali bayi terlihat tidak nyaman atau menangis, terutama setelah makan. Saat menyusui bayi Anda, dia mungkin akan senang saat ia berpindah dari satu payudara ke payudara lainnya. Ketika seorang bayi minum dari botol, dia dapat dengan lembut menepuk punggungnya setelah meminum setengah botol atau ketika selesai.

Cara membuat bayi bersendawa

Secara umum, bayi yang bersendawa itu akan mengeluarkan beberapa cairan bersamaan dengan udara. Oleh karena itu, siapkan celemek atau handuk sebelum melakukan prosedur ini. Ada beberapa cara untuk membelai bayi:

  • Letakkan bayi di dada
    Cara ini benar diterapkan pada bayi baru lahir sebelum bisa menopang kepalanya sendiri. Cobalah meletakkan bayi di dada, dengan dagu di bahu Anda. Lalu pegang kepala dan bahu dengan tangan Anda. Akhirnya gosok atau gosok perlahan.
  • Duduklah di pangkuanmu
    Metode ini biasanya dilakukan ketika bayi sudah duduk di pangkuan Anda. Gunakan salah satu tangan Anda untuk memegang tubuh bayi. Letakkan salah satu telapak tangan di dada sambil memegangi dagu dan dagu. Namun jangan biarkan tangan Anda mencekik leher atau leher Anda. Biarkan bayi beristirahat di salah satu tangan Anda sementara tangan yang lain menggosok atau menepuk punggung Anda.
  • Berdirilah di pangkuanmu
    Baringkan bayi Anda menghadap ke pangkuan Anda. Tempelkan dagu dan rahang dengan salah satu tangan Anda. Atur kepala bayi sedikit lebih tinggi dari tubuh Anda. Sentuh atau bersihkan punggung Anda dengan lembut dengan tangan yang lain.

Jika dalam bentuk sebelumnya, setelah beberapa menit bayi Anda tidak bersendawa, maka ia tidak ingin bersendawa. Namun, jika terlihat tidak nyaman, cobalah untuk mengubah posisi. Jika Anda masih tidak berhasil, Anda dapat mencoba cara lain untuk bersantai, seperti mandi dengan air hangat atau memijat perut untuk mengeluarkan udara dari perut. Pijat perut dilakukan dengan rotasi searah jarum jam yang lambat.

Berbicara atau bernyanyi sambil menepuk punggung Anda, bayi dapat merasa rileks dan bersendawa lebih mudah. Tetapi kadang-kadang, terlepas dari perbedaan bentuk ini, udara di saluran pencernaan bayi tidak dapat dihilangkan. Dalam kondisi ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak.

Seiring bertambahnya usia, bayi Anda sendawa tanpa bantuan. Sebagai aturan, bayi antara 4 dan 6 bulan dapat mengisap susu atau susu lebih baik tanpa terlalu banyak menelan udara. Pada usia ini, bayi dapat bersendawa sendiri setelah makan.

Setelah anak mulai memahami kata-kata Anda, mintalah dengan sopan kepadanya. Meski bersendawa adalah hal yang baik dan alami, suara dapat mengganggu kenyamanan orang lain. Ini akan menjadi sopan dan lebih baik untuk bersumpah dengan menutup mulut Anda dan dengan suara rendah. Pimping bayi bukanlah hal yang berbahaya, hanya jika bayi bersendawa lebih jarang dapat menyebabkan muntah, iritasi dan pembengkakan pada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *