Gejala Batu Ginjal Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Batu Ginjal Yang Perlu Diwaspadai

Penyakit batu ginjal atau nephrolithiasis adalah kondisi di mana bahan berbentuk batu keras terbentuk di ginjal. Bahannya berasal dari bahan sisa dalam darah, yang disaring oleh ginjal dan diendapkan dan mengkristal seiring waktu.

Gejala batu ginjal tidak terasa bila ukuran batu relatif kecil dan bisa keluar dengan lancar dari saluran kemih bersamaan dengan aliran urine. Gejala baru terjadi saat batu macet di ginjal, batu yang melewati ureter terlalu besar, atau batu ginjal menyebabkan infeksi.

Ureter adalah saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Bentuk organ ini mirip dengan tabung dengan struktur jaringan yang halus. Saat batu ginjal besar melewati ureter, batu menggosok menempel di dinding ureter, menyebabkan iritasi dan luka.

Apa saja gejala batu ginjal yang perlu dipertimbangkan?

Sebelum terlambat, ada baiknya mengenali gejala batu ginjal agar perawatan dan pengobatannya tepat agar tidak menjadi batu ginjal yang kronis dan menyebabkan gagal ginjal. Apa saja gejala batu ginjal? Berikut ulasannya.

1. Sakit di beberapa bagian tubuh
Rasa sakit batu ginjal bisa ringan sampai parah, dan batu ginjal yang lebih besar menyebabkan lebih banyak rasa sakit saat mereka melewati urin ke ureter dan keluar dari tubuh.

Bagian tubuh yang paling sering dikaitkan dengan batu ginjal adalah punggung bagian bawah (di kedua sisi), bagian bawah perut dan selangkangan, dan di bawah tulang rusuk. Rasa sakit mungkin tidak rata. Anda mungkin juga merasa sakit saat buang air kecil.

2. Mual dan muntah
Rasa sakit batu ginjal bisa sangat parah sehingga Anda mungkin juga mengalami mual dan muntah. Saat batu ginjal masuk ureter dan menghalangi aliran urine, penyakit ini digambarkan lebih buruk daripada kelahiran. Rasa sakit yang parah, mual dan muntah harus diobati dengan analgesik kuat, antiemetik dan cairan intravena.

3. Darah dalam urin
Darah dalam urin atau, seringkali, hematuria adalah gejala yang paling umum terjadi pada batu ginjal. Munculnya darah berasal dari luka akibat batu ginjal yang melewati uretra atau ureter. Batu ginjal menyebabkan luka dan mengiritasi ureter, dan biasanya darah keluar saat buang air kecil.

Urin Anda mungkin terlihat merah muda atau merah tergantung pada beratnya perdarahan. Darah dalam urin merupakan gejala serius penyakit ginjal.

4. Warna keruh
Warna urin pada orang normal yang tidak memiliki keadaan kesehatan tertentu jelas atau kuning, namun pada orang dengan batu ginjal, warna urine bisa mendung atau sangat busuk. Ini bisa jadi pertanda adanya infeksi batu ginjal. Jika warna urin Anda menjadi keruh dan disertai gejala lain dari batu ginjal. Sebaiknya segera konsultasikan hal ini ke dokter untuk mendapat perawatan dan perawatan yang adekuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *