Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Anda mungkin telah melakukan beberapa persiapan untuk menyambut bayi itu sejak lama, tapi Anda masih memerlukan penyesuaian penting karena sekarang peran baru Anda dianggap sebagai ayah.

Dianjurkan agar orang tua menggunakannya
Merawat bayi baru lahir sama seperti kepayahan sepanjang hari. Hal ini tidak biasa bagi banyak orang tua untuk diliputi oleh tekanan berlebih. Apalagi jika Anda memiliki anak pertama. Penting untuk dicatat bagaimana orang tua menghadapi tekanan yang ada. Beberapa hal berikut dapat digunakan untuk mengendalikan tekanan menyusui bayi yang baru lahir.

Menjaga kondisi fisik
Meski perawatan neonatal sering dikaitkan dengan kurang tidur, hindari mengonsumsi kafein atau makanan mengantuk lainnya. Teruslah mengonsumsi makanan sehat, asupan harian air secukupnya dan selalu menghirup udara segar.

Untuk menjaga kondisi dalam kondisi normal, tidurlah selaras dengan waktu tidur bayi Anda. Minta pasangan untuk mengganti posisi Anda di malam hari juga bisa dilakukan. Juga, pastikan sesekali mengundang bayi untuk menikmati hal-hal yang menarik minat Anda. Kebiasaan baik sehari-hari bisa membuat Anda lebih energik jika merawat bayi.

Jangan takut
Jika Anda melihat bayi kecil dan menyenangkan, Anda dan pasangan mungkin takut tidak bisa merawat Anda dengan baik. Kecemasan bisa dikurangi jika dianalisis bersama.

Juga, tertawa senang dengan bayi Anda dan pasangan Anda bisa menggambarkan ketakutan. Jangan takut dan tidak percaya pada rutinitas baru untuk anak Anda, seperti mengganti popok atau menenangkan bayi. Awalnya mungkin terasa kaku, namun pada akhirnya Anda bisa terbiasa dan menjadi ringan.

Pertama tunda pekerjaan lain
Jangan terlalu kuat untuk menjaga hal-hal yang normal dilakukan sebelum kelahiran bayi Anda. Pembersihan rumah dan pembasuhan pakaian bisa tertunda, agar tidak bosan merawat bayi yang baru lahir.

Anda juga bisa menghemat energi dengan mengurangi aktivitas yang biasanya memakan waktu lama, seperti B. memasak. Jika si kecil Anda terbiasa makan malam yang sempurna, maka cukup untuk menyajikan makanan yang mudah untuk digunakan. Tentu saja, itu tidak berarti Anda mengabaikan nilai gizi di dalamnya.

Jangan membatasi diri
Jika Anda merawat bayi yang baru lahir, jangan ragu untuk meninggalkan rumah. Bayi yang tidak enak, saat di rumah, bisa senang saat diajak keluar rumah untuk sekadar bernapas dan menghirup udara segar.

Memiliki bayi juga berarti membatasi hubungan Anda dengan teman dan keluarga untuk sementara waktu. Terkadang, biarkan dia membantu bayi Anda. Jangan ragu untuk memakai bayi atau kegiatan lain yang bisa menghemat energi.

Ketahuilah kapan harus meminta bantuan
Ingat, masa kanak-kanak masa kecilmu tidak akan terulang dua kali. Nikmati saat-saat sulit ini. Namun, Anda harus tahu batas Anda sendiri. Jika tekanannya sudah terlalu tinggi, mintalah bantuan ahli. Anda dapat meminta bantuan dari orang tua atau dokter Anda untuk meminta saran bagaimana merawat bayi Anda.

Beberapa hal terkait bayi yang baru lahir
Beberapa hal harus diperhatikan saat merawat bayi yang baru lahir.

Jaga agar bayi tetap bersih dan aman
Jagalah kebersihan tangan saat memegang atau memeluk bayi yang baru lahir. Cuci tangan Anda sebelum melakukan kontak dengan bayi untuk menghindari serangan kuman. Hati-hati saat menggunakan bayi yang baru lahir, terutama memperhatikan kepala dan leher bayi Anda.

Jangan pernah mengguncang bayi saat bangun tidur, karena hal ini bisa menyebabkan pendarahan di otak. Juga batasi tingkat permainan kita dengan si bayi. Jangan melempar atau menangkap bayi di lutut karena berbahaya.

Bayi itu harus mandi
Bayi yang baru lahir perlu mandi setidaknya dua kali seminggu. Sebelum melepaskan tali pusar, dianjurkan untuk memandikan bayi dengan spons.

Rendam bayi Anda dengan sampo dan sabun yang dirancang khusus untuk kondisi kulit. Unsur pendukung lainnya yang harus dimiliki untuk memandikan bayi yang baru lahir adalah kain, handuk lembut dan baby bath. Jika Anda khawatir produk tersebut digunakan, hal itu dapat menyebabkan iritasi, berbicara dengan dokter Anda.

Ganti popok
Salah satu bayi yang baru lahir yang dianggap sulit adalah pemasangan popok. Anda bisa mengganti popok hingga 10 kali sehari. Hal ini tergantung dari suntikan yang diterima bayi. Secara umum, bayi yang terpaksa memberi ASI sejak lahir memiliki frekuensi kencing yang lebih tinggi dibanding bayi yang disusui.

sumber: cara merawat bayi baru lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *