Jika Pernah Memiliki Anak Kembar, Bisakah Hamil Anak Kembar Lagi?

Jika Pernah Memiliki Anak Kembar, Bisakah Hamil Anak Kembar Lagi?

Bisa dikatakan bahwa kehamilan kembar itu seperti fenomena spesial. Seorang suami dan istri dapat memiliki anak kembar meskipun mereka tidak memiliki anak kembar di keluarga mereka. Jadi, jika Anda pernah memiliki anak kembar, bisakah Anda hamil lagi di masa depan?

Bisakah si kembar hamil lagi kalau sudah punya anak kembar?

Sebagian besar kasus kehamilan multipel dipengaruhi oleh genetika. Kemudian, ketika ada sepasang anak kembar di keluarga Anda, seperti saudara kembar atau saudara kembar Anda, “bakat” kembar ini dapat mendekati Anda sehingga Anda bisa memegang pasangan kembar pertama Anda.

Jika Anda pernah memiliki anak kembar, kemungkinan Anda memiliki anak kembar sangat hebat. Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang telah melahirkan anak kembar memiliki kesempatan 4 kali lebih besar untuk memiliki anak kembar lagi, bukan ibu yang hanya melahirkan 1 anak atau yang belum pernah hamil sebelumnya, dikutip oleh Verywellfamily. Kesempatan ini bahkan lebih besar lagi jika si kembar hamil sebelumnya tidak identik.

BACA JUGA: Kelebihan Dan Kekurangan KB Implan

Yang lebih menarik lagi, kemungkinan mengandung kembar lagi akan lebih tinggi pada wanita yang sedang hamil pada usia 30-40 tahun dan sudah memiliki bayi kembar sebelum wanita hamil lainnya yang lebih muda. Hal ini diduga terjadi karena perubahan genetik pada wanita seiring bertambahnya usia kita bisa mengubah proses ovulasi. Saat memasuki usia ini, tubuh cenderung melepaskan lebih dari satu telur selama ovulasi setiap bulannya. Perlu diingat juga bahwa faktor usia memiliki risiko tinggi mengalami kehamilan dan masalah kelahiran.

Bagaimana saya bisa tahu jika saya mengandung anak kembar lagi?

Jika Anda sudah memiliki anak kembar sebelumnya, kemungkinan Anda untuk mengandung bayi kembar akan kembali tinggi. Ini juga akan mempermudah Anda untuk mendeteksi kehamilan kembar berikutnya.

Tanda pasti dan jelas adalah berat yang mempercepat lebih dari biasanya, karena mengandung lebih dari satu bayi di perut. Perubahan fisik dan efek efek hormon kehamilan akan terasa paling jelas karena kenaikan hormon estrogen dan progesteron dua kali lipat.

Juga, rasakan penyakit ekstrem di pagi hari atau yang biasa disebut hiperemesis gravidarum dengan tanda lain yang mungkin Anda sadari kembali saat Anda hamil kembar. Hiperemesis gravidarum dapat menyebabkan dehidrasi berat dan masalah serius penyerapan nutrisi jika tidak segera diobati, jadi sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Selain berbagai tanda di atas, satu-satunya cara untuk menentukan apakah Anda benar memiliki anak kembar lagi dalam kehamilan adalah memiliki ultrasound.

Jangan lupakan rutinitasnya, periksa isinya ya!

Jika Anda memiliki bayi kembar hamil lagi, Anda harus secara rutin memeriksa rahim Anda ke dokter untuk menjaga kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda.

Ingat, risiko komplikasi selama kehamilan dan kelahiran dapat meningkat pada beberapa kehamilan. Pemeriksaan rutin terhadap isinya dapat membantu dokter mendeteksi, mencegah dan menangani masalah sesegera mungkin sebelum mereka berkembang dengan serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *