Bisakah ibu hamil mengonsumsi makanan pedas?

Bisakah ibu hamil mengonsumsi makanan pedas?

Meskipun makanan pedas tidak membahayakan janin yang sedang berkembang selama kehamilan, mereka bisa memengaruhinya.

Sementara kebanyakan wanita hamil bisa mengonsumsi makanan pedas tanpa masalah, namun beberapa wanita hamil lainnya yang mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan mulas dan pencernaan lainnya. Makanan pedas juga bisa mempengaruhi morning sickness (mual, sakit perut atau muntah akibat perubahan hormon) pada wanita hamil. Karena itu, Anda harus mengonsumsi berbagai makanan untuk menjaga keseimbangan selama kehamilan untuk memastikan bahwa Anda dan bayi mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan.

 

BACA JUGA: Cara Memberikan ASI Yang Benar

 

Pakar medis sepakat bahwa makanan pedas tidak berbahaya selama kehamilan. Mengonsumsi makanan pedas tidak akan membahayakan bayi atau tubuh Anda, tapi bisa membantu bayi Anda menyerap zat dalam makanan, meski makanannya pedas. Tapi ada hal lain yang harus dihindari makan daging imatur, seperti unggas atau seafood, serta susu yang tidak dipasteurisasi. Konsumsi ikan merkuri tinggi, seperti ikan todak, hiu dan makarel, dapat mempengaruhi perkembangan bayi yang belum lahir dan menyebabkan cacat lahir karena ikan merupakan predator ikan yang lebih kecil.

Meskipun makanan pedas aman selama kehamilan, Anda mungkin ingin mengubah pikiran Anda jika Anda memiliki masalah pencernaan atau mulas lainnya. Makanan pedas bisa menyebabkan sakit maag dan acid reflux, dua masalah umum yang terjadi saat Anda hamil. Jika Anda mengonsumsi makanan pedas, Anda harus minum segelas susu untuk meredakan mulas. Sesendok madu juga bisa membantu mencegah mulas setelah mengonsumsi makanan pedas.

Pertimbangan

Meskipun Anda mungkin pernah mendengar bahwa makanan pedas membantu menginduksi kerja, tidak ada bukti medis untuk itu. Mengonsumsi makanan pedas tidak akan membahayakan bayi Anda. Ingat bahwa Anda mungkin memiliki masalah pencernaan atau mulas. Beberapa wanita hamil memiliki masalah dengan makanan pedas selama kehamilan, sementara wanita hamil lainnya mungkin tidak menjadi masalah. Tapi jika ada efek pada tubuh Anda, coba kurangi konsumsi makanan pedas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *