Makna Batik tulis Sidomukti

Makna Batik tulis Sidomukti

Batik tulis sidomukti merupakan salah satu kain batik keraton  yang terbuat dari zat pewarna soga alam. Warna soga alam yang terdapat pada batik sidomukti merupakan warna batik klasik ataupun sama seperti  warna aslinya. Motif batik sidomukti merupakan suatu perkembangan motif batik sidomulya denagn latar berwarna putih.

Batik  sidomukti  yaitu  memiliki arti menjadi lebih mulia dan sejahtera. Motif- motif dari batik yang berawalan “sido” mengandung suatu harapan atau keinginan yang akan segera tercapai. Batik tulis sidomukti juga mengandung harapan untuk dapat mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Selain itu batik sidomukti juga sering digunakan pada acara- acara formal seperti upacara pernikahan, yaitu pada tahapan  acara siraman, kerikan, ijab, dan panggih. Dan batik sidomukti juga disebut sebagai kain sawitan atau kain sepasang. batik sidomuktipun mudah ditemui karena banyak yang jual kain batik sidomukti ini.  Motif dari kain batik sidomukti ini memiliki makna yang bagus, adapun beberapa makna yang terdapat motif kain batik sidomukti, simak ulasannya !

Berikut beberapa makna dari ornament kain batik sidomukti :

  1. Ornamen utama bergambar kupu-kupu

Ornamen bergambar kupu-kupu yaitu suatu simbol pengharapan yang indah dan tinggi. Karena kupu-kupu merupakan binatang yang cantik, indah dan suka terbang tinggi, maka dari sebagi simbol pengharapan yang tinggi.

  1. Ornamen utama berbentuk bangunan atau tahta

Menggambarkan kedudukan yanga tinggi dan singgasana sebagai pengharapan akan suatu kedudukan dan memiliki derajat yang tinggi , mulia dan dihormati banyak orang seperti halnya seorang pemimpin.

  1. Ornamaen utama berbentuk meru

Meru yaitu gunung, tanah dan juga bumi, ornamen berbentuk gunung menggambarkan kemegahan, keagungan seperti gunung yang besar dan gagah meskipun terlihat dari jauh

  1. Ornamen utama berbentuk bunga

Sebagai simbol suatu keindahan dan kecantikan, dan bentuk bunga terdapat pada hampir setiap unsur yang digunakan dalam setiap upacara adat karena mempunyai makna yang sangat baik.

Selain dari ornamen ornamen yang memiliki makna, terdapat juga isen-isen pada motif berupa titik- titik gabungan titik dan juga garis. Adapun isen –isen di balik sidomukti yaitu :

  1. Sawut

Yaitu garis- garis yang berjajar rapat dengan pengisi daun dan ekor burung dan juga sebagainya.

  1. Cecekan

Yaitu titik –titik besar maupun kecil yang rapat ataupun renggang yang memenuhi semua bidang ornamen.

  1. Ukel

Yaitu lingkaran kecil yang mengeriting dan sebagainya yang menyerupai.

  1. Cecek pitu

Yaitu titik- titik yang mengumpul dan berjumlah tujuh buah dan biasanya berbentuk melingkar.

Warna soga pada batik sidomukti merupakan warna pengganti pada warna orange yaitu perpaduan antara warna merah dn juga kuning sebelum terdapat warna kimia.

Nah, itulah makna yang terkandung pada batik tulis sidomukti, semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *