Ciri Hamil Muda Sebelum Terlambat Haid

Ciri Hamil Muda Sebelum Terlambat Haid

Sebagai pasangan muda yang baru menikah tentunya selalu mendambakan hadirnya momongan ditengah mereka. Hanya saja namanya pasangan muda pastinya seorang wanita belum berpengalaman saat menghadapi kehamilan. Pada umumnya telah haid biasanya dijadikan sebagai tanda bahwa wanita sedang hamil. Cara tersebut memang benar, hanya saja bisa jadi wanita ada yang siklus menstruasinya kurang teratur sehingga anda akan sedikit kesulitan dalam menghitung keterlambatan haid anda.

Maka dari itu, sebagai wanita anda harus bisa mendeteksi sejak dini mengenai ciri wanita hamil muda sebelum ia terlambat haid. Sebab jika seorang calon ibu bisa mengetahui status kehamilannya. Tentu saja ia akan menjaga kesehatan tubuhnya serta janin yang ada dalam kandungannya hingga proses kelahirannya nanti. Inilah biasanya berbagai ciri hamil muda sebelum haid yang perlu anda ketahui. Di antaranya:

  • Merasa mual dan ingin muntah

Sebagai ciri awal kehamilan biasanya banyak wanita akan mengalami rasa mual dan ingin muntah. Hal ini tentu saja disebabkan oleh meningkatnya suatu hormon estrogen yang ada dalam tubuh sehingga asam lambung pun juga ikut meningkat. Bahkan rasa mual dan ingin muntah ini juga bisa disebabkan karena adanya suatu perubahan metabolisme yang ada dalam organ hati saat awal kehamilan. Rasa mual dan muntah ini biasa dikenal dengan istilah morning sickness. Dimana gejala tersebut akan berlangsung setiap pagi.

  • Merasakan kram perut

Tanda bahwa anda sedang hamil muda biasanya juga ditandai dengan rasa kram pada perut. Kram perut ini bisa terjadi karena produksi hormon progesteron yang ada dalam tubuh telah berhenti. Bahkan bisa saja kram ini diakibatkan oleh otot rahim yang semakin meregang karena hadirnya janin bayi dalam kandungan.

  • Munculnya bercak darah

Bercak darah sebagai ciri kehamilan muda ini biasanya berwarna merah muda ataupun coklat yang biasanya menempel pada celana dalam anda. Bercak darah pada awal kehamilan bisa muncul karena proses implantasi dari sel ovum telah dibuahi oleh sel sperma sehingga bisa menempel pada dinding rahim. Jadi jika anda mengalami flek maupun bercak darah maka itu masih bersifat wajar. Jika bercak darah yang anda alami tergolong berlebihan, maka anda bisa segera memeriksakannya ke dokter.

  • Merasakan kelelahan

Ciri hamil muda sebelum terlambat haid biasanya juga ditandai dengan rasa yang begitu lelah. Padahal aktivitas yang anda lakukan sama dengan aktifitas yang biasanya anda lakukan. Hadirnya janin bayi yang ada dalam kandungan anda memang bisa meningkatkan pasokan aliran darah menuju ke janin sehingga anda membutuhkan energi yang lebih.

Dengan mengetahui berbagai ciri hamil muda diatas tentunya para calon ibu semakin mengerti dengan kondisi tubuhnya. Dan ia mampu menjaga kesehatan tubuhnya dan juga janin bayi hingga proses persalinannya nanti.  Sumber : https://babyologist.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *